Thursday 26 February 2015

Bakpia


  Bakpia adalah makanan yang terbuat dari kacang hijau dengan gula, yang di bungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Istilah bakpia sendiri adalah berasal dari dialek Hokkian, yaitu dari "bak" yang berarti daging dan "pia" yang berarti kue, yang secara harfiah berarti roti berisikan daging. di beberapa daerah di indonesia, makanan legit ini disebut pia.
  Bakpia termasuk salah satu makanan yang populer dari keluarga Cina atau Tionghoa. bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal dari daerah pathok, Yogyakarta. mengingat masyarakat jogja cukup banyak yang beragama islam, pada perkembangannya, isi bakpia yang semula daging babi pun diubah menjadi kacang hijau. kemudian rasa-rasa dari bakpia di kembangkan menjadi cokelat, keju, kumbu hijau dan kumbu hitam.
  Didesa pahok, dulunya penduduk tidak mengenali istilah "merek", sehingga bakpia yang dijual hingga saatini berlabel nomor rumah produsen, misalnya nomor75, lalu muncul beberapa merek bakpia yang bukan dari nomor rumah, seperti Djava dan lain-lain.
  Lezatnya rasa bakpia menjadikan kue ini menjadi salah satu favorit para wisatawan yang berkunjung ke jogja. bakpia bisa didapatkan ditoko yang menjual oleh-oleh khas Yogyakarta.
  Ada lebih dari 100 merek bakpia. bakpia yang paling terkenal adalah bakpia kurniasari, bakpia 145, bakpia 75, bakpia 25 dan masih banyak lagi. masing- masing merek memiliki ciri khas yang unik.

No comments:

Post a Comment