Wednesday 25 February 2015

Teknologi ramah lingkungan


   Biogas adalah gas mudah terbakar(flammable) yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan-bahan organik oleh bakteri-bakteri anaerob(bakteri yang hidup dalam kondisi kedap udara). pada umumnya semua jenis bahan organik bisa diproses untuk menghasilkan biogas, namun demikian hanya bahan organik(padat, cair) homogen seperti kotoran dan urine hewan ternak yang cocok untuk sistem biogas sederhana. disamping itu juga sangat mungkin menyatukan saluran pembuangan dikamar mandi atau WC ke dalam sistem biogas.
  Didaerah yang banyak industri pemprosesan makanan antara lain tahu, tempe, ikan pindang atau brem bisa menyatukan saluran limbahnya ke dalam sistem biogas, sehingga limbah industri tersebut tidak mencemari lingkungan sekitarnya. hal ini memungkinkan karena limbah industri tersebut diatas dari bahan organik yang homogen. jenis bahan organik yang di proses sangat mempengaruhi produktivitas sistem biogas disamping parameter- parameter lain seperti temperatur digester, pH, tekanan dan kelembaban udara.
  Salah satu cara menentukan bahan organik yang sesuai untuk menjadi bahan masukan sistem biogas adalah dengan mengetahui perbandingan karbon(C) dan nitrogen (N) atau disebut rasio C/N.

No comments:

Post a Comment